Mau Coba Jalan Sendirian? Baca Tips Ini Sebelum Berangkat!

Mendadak kepingin jalan sendirian dan tidak bersama sahabat atau siapapun?
Tetapi apa boleh buat, masih bimbang karena tidak pernah liburan tanpa didampingi seorangpun sebelumnya. Kesepian atau buta akan tempat wisata pun menghantui. Bahkan destinasi yang dituju pun masih belum familiar untuk kita.


paket perjalanan wisata

Nah, buat kalian yang memiliki rencana untuk liburan sendiri pertama kalinya, kalian gak perlu khawatir seperti itu, apalagi sampe mikir yang aneh-aneh dan bisa membuat rencana gagal. Lebih baik kalian membaca tips untuk orang yang tidak ada pengalaman menjalani liburan sendirian yang dikutip dari pengalaman Sahaj Kohli, seorang kontributor dari Huffington Post sebagai solo traveler.

Ini dia caranya:

1.Jangan hiraukan semua yang kamu pernah dengar dan baca

Pada saat kamu berencana untuk berlibur sendirian, pergilah dengan pikiran tenang. Artinya adalah, jangan hiraukan perkataan orang tentang tempat tersebut. Tentang bagaimana bahayanya, atau bagaimana kalian harus melakukannya.

Ingat, tidak ada seorang pun yang memprediksi perjalanan kamu akan seperti apa. Setiap solo traveler bakal menemukan pengalaman baru yang tidak sama dengan orang lain, setiap solo traveler tidak dapat membandingkan sesuatu yang didapatkan mereka akan dihadapi kalian juga.

Lakukan apa yang ingin kamu lakukan. Jika kalian ingn tidur, tidurlah. Jika kalian nggak ingin pergi ke suatu tempat dalam perjalanan tersebut, maka jangan dilakukan. Dalam solo travel, nggak usah membuat aturan benar atau salah. kerjakan hal yang mau kalian lakukan dengan perasaan tenang apabila mendapat larangan
dari orang lain.

2. Cari tau apa yang kalian perlukan

seasaat sebelum liburan dan memastikan objek yang dituju, Kalian perlu membuat list apa yang diinginkan dan apa yang dibutuhkan kalian kalian dulu dalam perjalanan ini. Misalnya, kamu kepingin banget berlibur yang fun, rileks dan dapat membuat tidur kamu nyenyak maka kalian harus menetukan tempat tujuan yang sesuai dan budget yang lumayan guna mandapatkan tempat seperti itu.

Oh iya, akan sangat berbeda apabila kamu mencari teman dan orang-orang yang sebelumnya belum pernah kalian temui. Kalian harus berlibur ke tempat di mana kamu bisa mendapatkan apa yang kamu butuhkan itu.

3. Hubungi orang yang kalian cintai

Siapa bilang kalau jadi solo traveler akan jauh dari orang-orang yang kalian cintai?
Solo traveler gak berarti menghilangkan kontak dengan orang-orang tercinta kok! Selama traveling kita bisa banget berkomunikasi dengan orang tercinta apalagi kalau lagi kangen.

4. Jalani liburan dengan spontan

Coba deh jangan merencanakan liburan seperti hari pertama haru kemana dan ngapain aja, tapi biarkan liburan itu menjadi sebuah petualangan! Kalau kalian sudah sampai di tempat tujuan, lakukanlah semuanya secara spontan karena dengan begitu, kalian akan menemukan pengalaman baru. Dan kalau nasar, kalian gak perlu takut, nikmatin saja perjalanannya karena itu keseruannya.

5. Persiapkan diri saat merasa down

Merasa down ketika traveling itu mungkin banget Ezytravelers, bisa jadi karena kamu merasa sendiri jadi takut dan khawatir. Tapi, ketika kalian merasa down, kalian harus ingat kalau ada berbagai alasan kenapa kalian harus melakukan ini. Secara tidak langsung, hal ini meyakinkan kalian kalau kalian pasti bisa melewatinya.
 

6. Siapkan uang lebih

Tidak ada salahnya untuk membawa uang lebih ketika traveling, apalagi kalau kalian berangkat sendiri. Bisa jadi nanti di tempat tujuan, kalian akan membutuhkan uang lebih untuk hal tak terduga atau di tempat tujuan lebih diutamakan uang tunai. Hal ini juga mencegah kalau credit/debit card kalian bermasalah.

7. Email semua softcopy berkas-berkasmu

Nah, ini hal yang penting untuk dilakukan Ezytraveles! Karena bisa jadi kamu mendadak menbutuhkannya tetapi bentuk fisik berkas tersebut tertinggal atau hilang.

8. Membawa nomor dan alamat penting

Hal ini penting banget dilakukan kalau kalian berpegian ke luar negeri! Jangan lupa untuk membawa nomor dan alamat kedutaan Indonesia di Negara tujuan. Setidaknya kalian harus mencatatnya di buku yang kalian bawa.

9. Mencari informasi tepat Kalian menginap

Biasanya hotel atau hostel memiliki informasi lengkap tentang transportasi, promo, event sampai tips untuk menjelajah tempat liburan kalian.

Dapatkan Paket Perjalanan Wisata Murah hanya di Ezytravel.co.id

10. Jangan bawa banyak barang

Bawalah barang secukupnya. Selama traveling kalian gak mau kan direpotin dengan banyaknya barang bawaan? Apa lagi ketika traveling kalian akan banyak naik angkutan umum atau menggunakan tangga. Jangan membuat kesulitan bagi dirimu sendiri ya!

11. Gunakan Ziploc

Ziploc akan sangat berguna untuk menyiapkan berkas-berkas dan mengamankan handphone ketika dibawa. Oleh karena itu, Ziploc akan menghindarkan barang-barang Kalian dari hujan dan situasi yang tak terduga lainnya.

12. Bawa kartu dan buku bacaan

Kartu bisa digunakan untuk bermain dengan teman baru yang kalian temui di tempat baru, begitu juga dengan buku, kalian bisa membaca buku ketika merasa bosan atau ketika menunggu di bandara.

13. Tuliskan pengalaman kalian di jurnal

Setiap perjalanan pasti memiliki kesan yang berbeda. Kalian bisa menuliskan pengalaman kalian di jurnal untuk menjadi kenang-kenangan yang bisa dibagikan kepada siapapun.

14. Datangi event lokal

Event lokal pada suatu daerah biasanya gratis, begitu juga event yang diadakan di hotel atau hostel. Kalian bisa coba datang ke event seperti itu, selain karena tidak dipungut biaya, di event tersebut juga pasti akan banyak traveler lain dan orang-orang lokal yang datang. Ini kesempatan untuk mencari teman baru yang bisa menambah wawasan tentang tempat tersebut.


15. Percayalah pada diri sendiri

Ketika menjadi solo traveler, gak ada orang lain yang bisa kalian percaya selain diri sendiri. Apapun yang kalian lakukan, yang kalian butuhkan adalah rasa percaya diri sendiri karena perjalanan ini adalah tentang kalian sendiri jadi semua hal pastinya kalian yang tentukan.

Nah, itu dia Ezytravelers tips untuk melakukan solo traveler!
Kalain gak perlu khawatir untuk melakukan perjalanan atau liburan sendiri. Justru dengan begitu kalian akan lebih mengenal diri sendiri, belum lagi pengalaman yang didapatkan itu gak akan ternilai harganya.

Komentar

  1. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer